Karya Tulis Ilmiah
Informasi Detail koleksi
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN PRE OPERASI DI RUANG RAWAT INAP BEDAH RSUD HAJI SURABAYA
Prodi | : PRODI SARJANA TERAPAN KEPERAWATAN MALANG |
Pengarang | : MIRANDA KUMALA DEWI |
Dosen Pembimbing | : Dr. Arief Bachtiar, S.Kep., Ns., M.Kep |
Klasifikasi/Subjek | : , |
Penerbitan | : , Malang: 2024. |
Bahasa | : INDONESIA |
PENYIMPANAN | |
Lokasi | : --- |
Jumlah | : 1 |
Abstraksi
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya ketidakpuasan yang dirasakan oleh pasien rawat inap di ruang bedah rumah sakit pemerintah atas pelayanan yang timbul sebagai akibat dari kinerja layanan kesehatan yang diperolehn pasien membandingkan dengan apa yang diharapkannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis hubungan mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi di Ruang Rawat Inap Bedah RSUD Haji Surabaya. Metode penelitian korelasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi adalah pasien yang akan menjalankan operasi kemudian diabil secara Purposive sampling teknik non-probability sejumlah 46 responden menggunakan G – Power. Penentuan responden bedasarkan kriteria inklusi pasien yang akan menjalankan operasi. Variabel independen dari penelitian ini adalah mutu pelayanan kesehatan, sedangkan dependen adalah kepuasan pasien pre operasi. Instrumen penelitian menggunakan kursioner mutu pelayanan kesehatan dan kursioner kepuasan pasien. Didapatkan hasil bahwa mutu pelayanan dalam kategori baik sebanyak 34 (73,9%) dan pasien merasa puas sebanyak 38 (82,6%) Analisis Uji menggunakan Spearman rank correlation. Hasil analisis Menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara mutu pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien pre operasi dengan p-value = 0,009 dan nilai r sebesar 0,380 menunjukkan bahwa kekuatan hubungan cukup dan arah hubungan positif yang artinya semakin baik mutu pelayanan kesehatan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Diharapkan perawat perioperatif memberikan dan lebih meningkatkan kepuasan pasien sebelum operasi dan meningkatkan kualitas layanan terutama di unit perioperatif dengan menyediakan kotak keluhan dan saran di bagian Rawat Inap untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pasien rawat inap bedah.
Lampiran
[ Sampul Depan ][ Sampul Dalam ]
File Lembar Keaslian : [ Unduh ]
File Lembar Persetujuan : [ Unduh ]
File Lembar Pengesahan : [ Unduh ]
File Abstraksi : [ Unduh ]
File Kata Pengantar : [ Unduh ]
File Daftar Isi : [ Unduh ]
File BAB-1 : [ Unduh ]
File BAB-2 : [ Unduh ]
File BAB-3 : [ Unduh ]
File BAB-5 : [ Unduh ]
File Daftar Pustaka : [ Unduh ]
File Lampiran : [ Unduh ]